Kamis, 27 Januari 2011

Toko Online

membuat-website-gratis Pasti anda pernah mendengar kata “toko online”. Ya, sesuai namanya toko online merupakan sebuah toko yang berjalan secara online di internet. Bedanya toko online dengan toko biasa adalah toko online di jalankan di internet sedangkan yang biasa tidak. Toko online menggunakan website sebagai media untuk menawarkan barang yang di jual. Jadi website ini sama fungsinya seperti ruang toko atau tempat menaruh barang. Contoh toko online yang terkenal, www.amazon.com.
Banyak sekali keuntungan yang diperoleh berjualan menggunakan toko online ini, diantaranya:

  • Dengan toko online, target pasar Anda sangat luas karena pasar Anda akan mencakup seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia. Artinya, toko online Anda mempunyai potensi yang sangat besar untuk mendatangkan pembeli dari seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia.
  • Buka 24 jam non-stop. sebuah toko fisik atau konvensional biasanya hanya buka beberapa jam saja misalkan dari jam 8 pagi sampai jam 10 malam, di luar jam itu pembeli yang ingin melakukan transaksi tidak bisa terlayani lagi. dengan menggunakan toko online hal itu bisa teratasi. Sebuah toko online mampu buka 24 jam penuh.
  • Modal kecil. Untuk mempunyai toko online biasanya modal yang dibutuhkan sangat jauh daripada harus membuka toko biasa. yang diperlukan hanyalah domain dan hosting yang biayanya sangat murah. tanpa perlu menyewa tempat (seperti toko konvensional). tanpa perlu karyawan. dan asiknya lagi tanpa harus mempunyai barang yang dijual atau ditawarkan.
  • Otomatis. Dengan toko online, sistem dapat dibuat otomatis seperti mencatat data pelanggan, mengirimkan newslatter, menjelaskan detail produk, dll. Bahkan jika Anda menjual produk digital (ebook atau software), pengiriman barang jg dapat di lakukan secara otomatis yaitu pembeli hanya perlu mendownload produk tersebut.
  • Tak perlu Gudang. Dengan toko online, Anda dapat mempunyai banyak produk bahkan sampai ribuan produk dalam 1 toko tanpa memerlukan gudang tempat penyimpanan. Karena Anda hanya perlu menampilkan gambar produk dan mengirimkan produk jika ada pembeli melakukan pemesanan.
  • Biaya Promosi Relatif Kecil. Biaya promosi yang diperlukan untuk memperkenal toko online Anda relatif kecil. Beberapa cara promosi adalah dengan menggunakan iklan baris, optimasi website (SEO), pay per click, dan lain sebagainya. Bandingkan promosi dengan koran atau media lainnya yang sejenis, harganya sangat mahal sekali.
  • Dan masih banyak keuntungan laiinya.
Bagaimana membuat toko online itu sendiri?
membuat toko online itu sama mudahnya dengan membuat website biasa. anda hanya perlu menyewa hosting dan domain. Kemudian anda install script web/software web toko online pada hosting dan selesai. yang tinggal anda lakukan adalah memasang gambar produk anda, kemudian informasi produk tersebut lau harga dan promosikan produk anda.
Untuk script web atau software web toko online anda bisa mendapatkannya gratis, seperti oscommerce, opencart, prestashop, atau anda bisa menggunakan wordpress dan kemudian menginstall plugin toko online. Sehingga wordpress anda menjadi toko online.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More